Selasa, Desember 10, 2019

Dua Jenis Manusia


Pada dasarnya manusia itu hanya terbagi dua, yaitu manusia berguna dan manusia tak berguna.

Manusia yang berguna, pertama-tama ia berguna bagi dirinya sendiri. Mampu menghidupi dirinya sendiri. Ini adalah manusia berguna tingkat dasar.

Untuk dapat menghidupi diri sendiri, seorang manusia harus menjadi berguna terlebih dulu, dan memberikan manfaat bagi orang lain, sehingga ia layak mendapatkan upah atau imbalan atas manfaat yang telah diberikannya tersebut. Itulah gaji yang kita terima, atau duit yang didapat dari hasil usaha. Semakin besar manfaat yang kita berikan, semakin besar pula orang mau membayar kita.

Setelah berguna bagi dirinya sendiri dan kemudian seseorang juga berguna bagi orang lain, maka itulah yang kita sebut manusia yang mulia. Semakin ia berguna untuk banyak orang, semakin mulialah dia. Orang yang sangat mulia akan dikenang oleh banyak orang melampaui masa hidupnya.

Sedangkan manusia tak berguna, ia tak memberikan manfaat untuk siapapun. Jangankan bermanfaat untuk orang lain, untuk dirinya sendiri pun tidak. Ia tak bisa menghidupi dirinya sendiri, mencarikan sendiri makan untuk perutnya sendiri, pakaian untuk badannya sendiri, apalagi rumah untuk tempat ia berdiam. Semua masih berasal dari orang lain, walaupun masih orang tua atau saudara sendiri.

Dan yang lebih buruk lagi adalah manusia yang sudah lah tak berguna, namun suka pula mengganggu orang lain dan berbuat kekacauan di atas dunia ini. Itulah seburuk buruknya manusia.

Mari kita ke depan kaca, kita lihat jelas-jelas bayangan yang ada di kaca, kita tanya diri sendiri, termasuk golongan manusia yang manakah aku?

Kalau masih belum berguna, ayo mari kita berubah menjadi manusia yang berguna!

Tangerang, Minggu 10 Desember 2017

Tidak ada komentar: