Rabu, Januari 18, 2012

Persentase Bunga dan Jumlah Angsuran KPR CIMB Niaga

Setelah berhasil mendapatkan kredit perumahan (KPR) dan rumah yang dibeli pun sudah dalam tahap pembangunan, sekarang adalah masanya membayar cicilan tiap bulannya.

Saya berhutang kepada bank pemberi KPR sebesar Rp 177 juta, dan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya adalah sekitar Rp 1.821.000,-

Awalnya saya cukup senang karena katanya suku bunga yang didapatkan sangat murah, hanya 9,25%.

Asumsi saya secara awam, hutang pokok dibayarkan sekitar satu juta, terus yang 800 ribuan adalah bunga.

Sekarang, dengan surat tagihan di tangan, ternyata hal tersebut jauh dari yang sebenarnya!

Hutang pokok saya hanya berkurang sebesar Rp 464 ribu setiap bulannya, dan sisa dari cicilan yang saya bayarkan, Rp 1.356.982,- adalah BUNGA yang harus saya bayarkan kepada bank tiap bulannya!

Setiap bulan selama lima belas tahun, saya harus membayar bunga pada bank sebesar Rp 1.356.982 (satu juta tiga ratus lima puluh enam ribu sembilan ratus delapan puluh dua rupiah)!

Masih berbahagiakah Anda berhasil membeli sebuah rumah lewat cara KPR?

Lihat surat tagihan Anda dan hitunglah sendiri berapa pokok pinjaman serta bunga yang Anda bayarkan pada bank!

Gambar tagihan
(nama dan alamat dihapus)


Sesudah menyadari hal diatas, otak yang waras tentu akan berpikir: sedemikian besarnya bunga yang harus saya bayarkan kepada bank, kalau begitu jika ada duit lebih, mendingan dibayarkan untuk pokok pinjaman sehingga bunga akan mengecil dan hutang lebih cepat lunas!

Saya pun sudah berpikir seperti itu sejak pembayaran cicilan pertama. Namun ketika mencoba menelepon kepada layanan konsumen bank bersangkutan, jawaban mereka adalah: tidak bisa.

Terkecuali bersedia membayar uang penalti yang jumlahnya cukup besar.

Enak ya jadi bank. Dari satu nasabah gurem seperti saya saja dapat bunga Rp 1.356.982,- setiap bulan. Bagaimana dengan nasabah lain yang membeli rumah seharga milyaran rupiah? Lalu dikalikan dengan jutaan nasabah di seluruh Indonesia?

:-)


Re : Cicilan dan Bunga KPRDate15-Dec-2010 17:05:14

Kepada Yth Bapak W.A.

Terima kasih atas kepercayaan Bapak menggunakan fasilitas Internet Banking CIMB Niaga.

Bersama ini dapat kami sampaikan, berkaitan dengan angsuran KPR Bapak untuk porsi Pokok dan bunga yang berbeda tiap bulannya, hal tersebut ditentukan oleh perhitungan dari pihak KPR berdasarkan dari data-data yang ada.

Untuk mengetahui lebih jelas atas alokasi porsi pokok dan bunga tersebut, Bapak dapat menghubungi pihak Marketing pinjaman kami di Cabang rekening Bapak untuk dibantu lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Terima Kasih,

"Layanan Call Center Bank CIMB Niaga dapat di hubungi di 14041 dari seluruh Indonesia atau +62 21 14041 dari Luar Indonesia".

--- W.A. wrote:

Yth. CS Bank Niaga;

Saya mencermati cicilan KPR saya pada bulan ini, dan saya ingin menanyakan, dari cicilan saya yang sejumlah Rp 1.821.000, kok yang terhitung untuk pembayaran pokok pinjaman cuma Rp 400 ribuan, sedangkan porsi bunga cukup besar, yaitu Rp 1 juta 300 ribuan?

Bagaimana perhitungan persentase cicilan pinjaman pokok dan bunga dalam setiap cicilan? Sepertinya tidak sama dari bulan ke bulan.

Terima kasih.
W.A.

2 komentar:

Andre mengatakan...

Memang perhitungan bank seperti itu, waktu di sekolah (pelajaran ekonomi kalau tidak salah), juga diajarkan perhitungan loan / mortgage.
Dan memang pada awal masa pinjaman, kita membayar bunga yang besar (istilahnya kita hanya bayar bunga saja).

W.A. mengatakan...

Terima kasih atas komentarnya, Pak Andre.
Saya tidak tahu mengenai hal tersebut. Saya kira, tak semua orang juga mengerti bahwa prosedurnya seperti itu. Saya sendiri, tidak diberitahu oleh Bank CIMB Niaga ketika dalam proses pengajuan kredit.