Selasa, Januari 03, 2012

Depok Kota Terkorup?



Dari dulu mungkin kita menganggap Depok adalah salah satu kota termaju dan terbaik di Indonesia. Depok yang bersebelahan dengan DKI Jakarta dan juga tempat dimana Universitas Indonesia berada ini, terasa menggetarkan jiwa kalau disebut namanya.

Kita akan langsung membayangkan sebuah kota yang modern, berpendidikan, maju, efektif, tak bertele-tele, dan juga berakhlak mulia. Kalau kita jalan-jalan ke Depok, kita merasa takut untuk berbuat salah dan kita selalu mengintrospeksi diri sendiri.

Namun benarkah demikian? Kita lihat kenyataanya.
Pada saat berurusan dengan Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, misalnya, jarang sekali kita mendapatkan pelayanan yang profesional, efektif, tak bertele-tele, dan cepat.

Kemudian, pada tahun 2011 lalu yang baru saja tiga hari kita tinggalkan, semua terkuak.
Depok ternyata bukanlah kota yang kita bayangkan. Ternyata Depok adalah salah satu Kota TERKORUP di Indonesia!

Untuk Jawa Barat, Depok adalah juaranya, alias Kota TERKORUP di banding dengan kota-kota lainnya.
Jadi, terjawablah sudah, apabila Anda berurusan dengan birokrasi di Depok, dan mengalami hal-hal yang mungkin di luar dugaan.

Berikut kita rangkum berbagai berita yang mengabarkan dinobatkannya Depok sebagai Kota Terkorup dari berbagai media.

***

Wali Kota Depok Dihadiahi Tikus
Bola - / Jumat, 9 Desember 2011 16:36 WIB

Metrotvnews.com, Depok: Puluhan mahasiswa Universitas Gunadarma berunjuk rasa di depan Kantor Walikota Depok, Jawa Barat, Jumat (9/12). Mahasiswa menggelar aksi teatrikal dan memberikan hadiah tikus putih untuk Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail.

Hadiah itu diberikan karena Kota Depok telah ditetapkan sebagai kota terkorup kedua se-Indonesia dan peringkat pertama terkorup di Jawa Barat versi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Unjuk rasa dilakukan untuk memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia hari ini. Mahasiswa menyampaikan sejumlah tuntutan, di antaranya mendesak KPK segera memeriksa dan menangkap koruptor di Kota Depok dan mengaudit semua birokrat yang merugikan rakyat.

Aksi diakhiri dengan menggantungkan dua ekor tikus putih di gerbang depan kantor Wali Kota. Ini sebagai simbol Kota Depok sebagai kota terkorup. (Sidharta Arya Agung/Wtr4)


***

Depok Kota Terkorup di Indonesia

Senin, 05 December 2011 19:08

Depok (Lampost.Com): Aktivis antikorupsi Kota Depok memasang spanduk di berbagai titik berisi kritikan dan sindiran terhadap Pemkot Depok yang terpilih sebagai pemerintahan terkorup nomor 2 di Indonesia. Berbagai spanduk sindiran dipasang di berbagai sudut kota Depok. 

Pantauan detikcom, Senin (5/12/2011), spanduk-spanduk tersebut terpampang di pertigaan Jalan Siliwangi, Jembatan penyeberangan Terminal Jalan Margonda Raya, depan supermarket Depok Tows Square Pondok Cina, dan di depan Ramayana Kemiri, Jalan Margonda Raya. Isi spanduk tersebut seperti "Selamat sukses atas prestasi membanggakan praktik suap dan grativikasi menggurita", dan "Piala Adipura tak kunjung tiba, malah dapat gelar korupsi."

Menurut Ketua Gerakan Lokomotif Pembangunan (Gelombang) Cipto Putranto, komitmen Walikota Depok Nurmahmudi Ismail untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dari praktik korupsi telah gagal. "Nurmahmudi Sudah dua priode menjadi walikota di sini. Dia selalu mendengung-dengungkan mengenai pemberantasan korupsi dan birokrasi bersih, namun apa yang kita dapat sekarang ini," tuturnya prihatin.

LSM Gelombang menurut Cipto, banyak menerima pengaduan anggota masyarakat yang dipersulit bila mengurus surat izin usaha. "Seperti untuk penguruasan izin tempat usaha, sudah 1—2 tahun belum juga dapat izin karena tidak memberikan fee kepada petugas untuk mempercepat proses," ujarnya.

Dia mendesak DPRD Kota Depok dapat menjadi pengawas bagi aparat birokrasi yang doyan korupsi dan jangan malah membiarkan penyimpangan dan praktik korupsi di Pemerintahan Kota Depok, apalagi menjadi bagian dari praktik korupsi. 

Dari hasil survei Indek Integrasi Daerah (IID) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) November 2011, menempatkan Kota Depok sebagai daerah terkorup nomor dua di Indonesia, setelah Pemkot Lampung yang menduduki posisi pertama. DTC/U-4


***

PREDIKAT KOTA TERKORUP, AKTIVIS DESAK WALI KOTA DEPOK MUNDUR
Terbit pada 18 Desember 2011 - 13:30 WIB
Laporan: Redaksi

DEPOK, (Tubas) – Predikat terkorup se-Indonesia yang disandang Pemerintahan Kota Depok Jawa Barat (Jabar) disematkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum lama ini yang juga berjuluk sebagai kota Belimbing ini, ternyata mengundang kecaman, dan reaksi hebat dari beragam elemen masyarakat, hingga mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Depok (Permad) dari Universitas yang ada di Kota Depok.

Tidak main-main, sejumlah reaksi yang disuarakan sejumlah elemen masyarakat, dan para mahasiswa melalui aksi demonstrasi pekan lalu itu, berujung pada tuntutan agar Nur Mahmudi Isma’il sebagai Wali Kota Depok segera mundur. Wali Kota andalan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini adalah sebagai orang yang bertanggung jawab atas predikat seburuk itu dan sangat memalukan warga Depok.

“Sebagai masyarakat Depok, kami merasa malu dengan predikat dari hasil penilaian lembaga KPK. Untuk itu, Wali Kota harus mundur dari kursi jabatanya sebagai Wali Kota Depok,” ujar Akbar Husain aktivis LSM Pemuda Tani Kota Depok dalam orasinya di depan kantor Wali Kota Depok pekan lalu.

Beragam kecaman lain yang terlontar saat itu diantaranya juga mengambarkan kesedihan masyarakat atas predikat KPK tersebut seperti ungkapan, “Hari ini banyak masyarakat yang menangis, karena anggaran APBD dikorupsi, turunkan Nur Mahmudi Isma’il dan Idris Abdul Somad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, karena mereka telah gagal memimpin kota Depok, ” seru salah seorang rekan LSM lainnya.

Dalam kesempatan lain, Kisnu Widakso Kriminolog Universitas Indonesia (UI) mengatakan, justru sama sekali tidak menyangka kalau survey KPK menempatkan Kota Depok di urutan nomor dua terkorup setelah Kota Metro Provinsi Lampung.

“Saya sama sekali tidak menyangka, survey yang dilakukan KPK, pasti terkait persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Depok. Kalau itu yang dijadikan ukuran maka sangat masuk akal,” ujarnya. (eko)


***

Depok Kota Terkorup Se-Jawa Barat
Published On: Tue, Nov 29th, 2011 (Depoklik.com)

Saat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat sedang gaungkan pelayanan publik, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru menilai Pemkot Depok berintegritas rendah.

Survey yang dilakukan KPK menilai pelayanan publik Pemkot Depok masih disusupi suap dan gratifikasi. Hal ini menempatkan Pemkot Depok pada peringkat 86, atau kedua terendah dalam hal integritas, dan menjadikan Depok sebagai kota terkorup di Jawa Barat.

Data ini dipaparkan oleh  M Jasin, Wakil Ketua KPK di Gedung KPK, Jakarta, Senin (28/11). “Kalau nilainya di bawah angka 6,00, berarti masih ada praktik-praktik suap itu,” jelasnya.

Survei dilakukan terhadap 60 pemerintah daerah dengan jumlah responden 5.670 orang. Sementara layanan yang ditelusuri berjumlah 180 unit. Margin error dalam survei ini 5 persen. Layanan yang disurvei KPK adalah layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). “Rata-rata 30 responden per unit layanan,” paparnya.

Untuk instansi daerah dengan peringkat tertinggi diraih oleh Pemkot Dumai (7,77) diikuti oleh Pemkot Bukittinggi (7,67) dan Pemkot Bitung (7,62).


***

Demikianlah beberapa cuplikan berita kami sajikan di atas, dari berbagai media.



2 komentar:

Unknown mengatakan...

Memperhatikan semua pencari pinjaman !!
Halo,

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui email Alamat Perusahaan di: klarabannyfinance@gmail.com

CATATAN: Kami memberikan keluar minimal 1,000.00 US DOLLAR / EURO maksimum 150,000,000.00 US DOLLAR / EURO, dll Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam dolar AS atau EURO, Dan setiap UANG digunakan lainnya.

Pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi Out formulir Permohonan Pinjaman bawah Persetujuan ..

(PEMINJAM INFORMASI)
Nama Lengkap: ......................
AGE .............................
STATUS PERNIKAHAN ..................
Kontak Alamat: ................
Negara .........................
Negara ........................
Telepon: ..........................
Email: ..........................
Pekerjaan: .....................
Pendapatan Bulanan: .................
Agama: .......................
Berikutnya Kin: ....................
(INFORMASI LOAN)
Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: ..........
Durasi Pinjaman: ..................
Agunan: .....................
Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? .........
Cara pembayaran: bulanan atau tahunan .........
Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? ..................

Terima kasih karena kami menunggu respon cepat Anda.

Kami siap melayani Anda.

Salam Hormat,
Klara Banny
Manajer Koperasi

Unknown mengatakan...

APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT? JIKA YA Email: klarabannyfinance@gmail.com: UNTUK KREDIT ANDA HARI INI, KITA DI LAYANAN ANDA.