Kamis, Juli 01, 2010

Resepsi Adat Betawi: Palang Pintu

Sabtu, 26 Juni 2010, di Aula Bima Sakti (AURI) Pancoran, 11:00 WIB.
Mempelai: Cheppy dan Wina

Prosesi buka palang pintu (atau juga dikenal sebagai ketok pintu) merupakan prosesi yang unik dan kadang juga sangat kocak, yang menjadi bagian dalam resepsi penganten adat Betawi.

Intinya, ketika sang mempelai pria (yang diistilahkan dalam bahasa Betawi sebagai Raje Mude) datang bersama rombongan, mereka tidak begitu saja dipersandingkan dengan mempelai wanita... tapi harus melalui palang pintu dan harus membukanya terlebih dahulu.

Seorang wakil dari CPW datang menghadang dan mencegat rombongan CPP, dan langsung bertanya dengan galak, "Mau kemane lu? Maen langsung-langsung aje!"

Nah setelahnya adalah silat lidah antara wakil CPP, yang intinya walaupun rencana sudah disusun, tapi CPP tak bisa langsung duduk-duduk aja di pelaminan mendampingi pengantin wanita. Sesudah silat lidah, dikeluarin lah jagoan dari rombongan pria untuk bertarung dengan jagoan dari pihak wanita.

Barangkali, pada zaman dulu, hal ini adalah sesuatu yang benar-benar kenyataan. Bukan seperti sekarang yang hanya berpura-pura dan bagian dari seremonial saja. Kalau jagoan dari pria kalah, bukan tak mungkin mereka disuruh pulang kembali karena tak cukup cakap untuk mempersunting sang tuan putri. Alangkah malunya.. oleh karena itu rombongan pria benar-benar harus memilih pendekar terbaik mereka, yang benar-benar jago silat. Tak jarang pertarungan ini juga memakai senjata tajam golok beneran. Ih ngeri juga...

Berikut adalah foto-foto dari prosesi Buka Palang Pintu yang merupakan bagian adat Betawi.

Salam,
MC Wady

Pelaminan Adat Betawi, lengkap dengan hiasan pintu dan jendela yang biasa dipakai pada rumah tradisional Betawi

Mejeng dulu ah... Sedikit narsis kagak ape-ape kan..?

MC Adat Betawi

Para penari menjemput dan mengantarkan calon mempelai ke pelaminan dengan tarian Sirih Kuning

Mempelai wanita bersama ayah bunda dan rombongan keluarga besarnya

Sang Tuan Putri sudah duduk menunggu di pelaminan, menanti sang Raje Mude yang terlebih dahulu harus sanggup membuka palang pintu

Wakil mempelai pria menyampaikan maksud dan niat kedatangan rombongan, yaitu menghantarkan mempelai pria ke pelaminan untuk bersanding dengan sang tuan putri.

"Jangan main nyelonong-nyelonong aje lu!" Demikian peringatan wakil mempelai wanita yang sangat galak. 

"Kalau lu bisa ngalahin jagoan aye, baru lu bisa masuk ke rumah kite!" Demikian kembali wakil dari CPW. Sedangkan sang jagoan di sebelah kiri telah siap dengan tatapan mata tajam, bersarung dan berkopiah.

Wakil dari CPP menyambut tantangan dan mengeluarkan jagoannya, "Kalo cuma ngebuke pintu, itu mah udah kerjaan aye tiap hari!" Demikian katanya sambil menepuk-nepuk punggung sang jagoan yang siap bertarung.

Langkah dibuka, kedua pendekar beraksi mengeluarkan jurus-jurus yang telah mereka pelajari dari dunia persilatan.

Setelah beberapa kali saling jatuh-menjatuhkan, dan membuat deg-degan hati para hadirin, siapakah yang akan menang? Akhirnya si palang pintu berhasil dikalahkan, dan dengan demikian sang Raje Mude berhak sepenuhnya untuk duduk di singgasana pelaminan mendampingi sang Tuan Putri.

3 komentar:

Anonymous mengatakan...

Hehehe... ane paling demen nih Bang ame acare betawi nyang kaya begono.. Ape lg kalo ditambe ama adu pantun..
mantap dahh pokonye....

*Betawi mode on*

MC Wady mengatakan...

Makasih udeh mampir kemari dan udeh ngasih komentar bang...
Emang kalo bukan kite yang ngelestariin budaye kite, siapa lagi?

dfdfd mengatakan...

Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.