Rabu, Desember 29, 2010

Kecewa dengan internet banking CIMB Niaga dan pelayanan call centre CIMB Niaga yang bertele-tele

Telah cukup lama saya mempergunakan layanan internet banking dari bank CIMB Niaga, namun sebulan belakangan ini selalu terjadi error tiap kali saya mencoba mengakses rekening yang saya miliki. Proses login selalu berhasil dilakukan, namun setelah masuk pada menu transaksi, muncul pesan Error bbn2005 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Beberapa hari yang lalu saya mencoba menelepon ke call centre CIMB Niaga di nomor 14041, namun kekecewaan bertambah setelah staf call centre bank CIMB Niaga yang bertanya berbelit-belit tentang identitas dan berbagai data-data saya.

Well, verifikasi data nasabah memang perlu ditanyakan oleh bank, namun saya saat itu cuma menanyakan: apakah ada gangguan pada sistem internet banking CIMB Niaga secara keseluruhan? Dan saya rasa untuk menjawab hal ini tak perlu menanyakan data nasabah sampai ke detil-detilnya dan terkesan mempersulit pelanggan untuk mengakses duit mereka sendiri.

Saya lupa menanyakan nama CS (yang kebetulan wanita) pada saat itu. Namun sesudah menjawab segala pertanyaan yang ditanyakan, meliputi:

- Nama lengkap
- Nomor rekening
- Tanggal lahir
- Nama ibu kandung

sang CS kemudian meminta menunggu sebentar untuk bertanya pada bagian terkait, "apakah internet banking CIMB Niaga sedang ada gangguan." Serta menanyakan apa arti kode error "bbn2005".

Saya sesudahnya bahwa internet banking CIMB Niaga memang mengalami gangguan, dan saya dipersilahkan untuk mencoba sekitar setengah jam lagi.

Setengah jam kemudian saya coba lagi, masih sama. Saya berpikir mungkin perbaikan sistem butuh waktu lebih lama lagi.

Satu jam kemudian saya coba lagi, hasilnya sama.

Beberapa jam saya coba lagi, sama lagi.

Besoknya saya coba lagi, masih sama.

Akhirnya saya putus asa, dan kemudian melakukan transaksi membayar beberapa tagihan dengan rekening saya di bank lain.

Baru hari ini, pada jam 21:08 tadi saya coba kembali.

Seorang CS bernama Sdr.Miki menjawab panggilan saya, "Bagaimana saya bisa membantu?"

Kembali pertanyaan berbelit-belit diajukan dengan alasan "verifikasi data".

This is bullshit.

Informasi yang saya butuhkan cuma: apakah internet banking CIMB Niaga sedang bermasalah atau akun saya yang bermasalah, serta apakah maksud dari kode error "bbn2005"?

Saya merasa ini terlalu bertele-tele dan menyulitkan.

Jawaban berbeda kali ini diberikan oleh Sdr. Miki. Sesudah mencurigai browser saya ketinggalan jaman ("minimal harus IE 6"), ia menyimpulkan bahwa saya harus merestart komputer saya dan kemudian mencoba lagi agar dapat mengakses rekening.

This is another bullshit.

Saya telah mematikan dan menyalakan komputer berpuluh kali sebelum memutuskan menelepon CS CIMB Niaga.

Jawaban standar dari CS, "Apa lagi yang bisa kami bantu?" mengakhiri percakapan telepon yang hanya membuang-buang waktu dan energi sia-sia ini.

Barangkali CIMB Niaga sebaiknya juga menanyakan hal-hal seperti di bawah ini untuk verifikasi data yang lebih lengkap:
"Siapakah nama hewan peliharaan pertama Anda?"
"Di kota manakah ibu Anda dilahirkan"?
"Siapakah nama cewek pertama yang Anda cium?"

Hanya untuk memproses lebih lanjut pertanyaan nasabah mengenai "apakah internet banking CIMB Niaga sekarang berfungsi normal atau ada gangguan?"

Bah!

Jakarta, 29 Desember 2010
(Seusai pertandingan sepakbola Indonesia vs. Malaysia. Malaysia akhirnya keluar sebagai juara AFF)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini juga lagi eror :(

Calleigh Store mengatakan...

makan buy 1 get 1 free di hollycow steak.
ngomong nya sih buy 1 get 1 tapi (get 1 french fries wkwkwkwk)
di kokas. seklias info aja promo cimb phone banking.
setelah ketik kupon nominalxxx melalui sms
keluar respon masukan digit ke 1 dan ke 4
40 menit berlalu menunggu pinnya nothing happens......
akhirnya debit BCA berbicara
thank you for wasting my prescious time CIMB